Connect with us

Kolom

Pentingnya Silaturahim

Memperluas rizki, pasti, karena dengan semakin banyak silaturahim maka semakin banyak pula kawan, yang berarti juga semakin luas peluang mendapatkan rizki

Published

on

Penulis : Dr. H. Bulkani, M.Pd*

Silaturahim memang disarankan dalam agama, karena kata Rasulullah, silaturahim dapat meluaskan rizki dan memperpanjang umur. Dalam bahasa umum, silaturahim berarti memperluas jaringan.

Memperluas rizki, pasti, karena dengan semakin banyak silaturahim maka semakin banyak pula kawan, yang berarti juga semakin luas peluang mendapatkan rizki, bahkan dari sumber yang tidak disangka-sangka. Wayarzuku min haisu la yahtasib. Tentu rizki di sini tidak selalu harus diartikan sebagai materi yang didapat. Rizki juga bisa berupa informasi, rizki kesehatan (mungkin karena berteman dengan dokter), atau rizki kebijakan karena berteman dengan pejabat.

Silaturahim juga memperpanjang umur. Tentu hal ini bisa diartikan secara tersurat maupun tersirat. Orang yang suka bersilaturahim tentu akan panjang umurnya. Misalnya saja jika sakit di rumah, maka tetangga yang paling dekat, yang silaturahim dengannya dalam keadaan baik, tentu dengan sukarela menolongnya. Secara tersurat, orang yang suka bersilaturahim akan memiliki banyak teman, insya Allah akan disukai banyak orang, sehingga namanya akan selalu dikenang sepanjang masa oleh orang banyak, sehingga “umur” nya jauh melampaui batas usianya.

Akan tetapi dosen saya waktu di pasca dulu memiliki joke tentang hal ini. Sekali lagi ini hanya joke. Beliau mengatakan bahwa orang yang suka bersilaturahim itu sudah pasti panjang umur, karena pada saat malaikat maut datang ke rumahnya untuk mencabut nyawanya, ternyata yang bersangkutan sedang tidak di rumah karena sedang bersilaturahim ke rumah tetangganya. Sehingga malaikat maut tidak jadi mencabut nyawanya dan semakin panjanglah umurnya. Ha ha ha ….. ada ada saja.

(Penulis adalah Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Palangka Raya).

BETANGVOICE.ID hadir sebagai wadah literasi millenial dengan berita dan informasi yang berbeda. Kami berupaya menjawab segala literasi masyarakat. BETANGVOICE.ID diterbitkan oleh PT. Media Opini Kalteng.

Continue Reading
Advertisement

Trending