Connect with us

Edukasi

Sepakat Tingkatan Kualitas Pendidikan, Walikota dan Rektor UM Palangkaraya Teken MoU

Sepakat mengadakan kerjasama dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui pemanfaatan Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK)

Published

on

Palangka Raya, BETANGVOICE.ID – Demi peningkatan kualitas pendidikan, pengabdian masyarakat, penelitian dan pengembangan di kawasan Hutan Lindung (HL) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya dan Pemerintah Kota Palangka Raya melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Kantor Walikota Palangka Raya, Kamis (28/11/2019).

Penandatanganan langsung dilakukan oleh Walikota Palangka Raya Fairid Naparin, SE didampingi oleh Kepala Dinas Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Palangka Raya dan Rektor UM Palangka Raya Dr. H. Sonedi., M.Pd.

Dalam Nota Kesepahaman tersebut UM Palangkaraya dan Pemerintah Kota Palangka Raya sepakat mengadakan kerjasama dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui pemanfaatan Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) yang dalam beberapa tahun lalu izinnya diberikan oleh Kementerian Kehutanan kepada UM Palangkaraya dan pemanfaatannya bekerja sama dengan Pemerintah Kota Palangka Raya.

Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin, SE saat dihubungi redaksi Betang Voice, Senin (23/12) menjelaskan bahwa MoU ini bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia melalui pendidikan khusus bagi Aparatur Sipil (ASN) di lingkup Pemerintahan.

“Ini langkah awal, baik dari segi akademik maupun non akademik sebagai langkah strategis pembangunan Kota Palangka Raya, selain itu dalam hal pengelolaan hutan pendidikan dapat memberikan penamaan pada temuan atau hak paten yang berhubungan dengan Kota Palangka Raya”, jelas Fairid.

Kerjasama ini juga memberikan kesempatan kepada ASN Kota Palangka Raya yang ingin melanjutkan pendidikan agar mampu berkompetensi dan meningkatkan kualitasnya di era digital.

“Kami meminta pihak kampus untuk bisa bersinergi dengan Pemerintah Kota Palangka Raya untuk kemajuan dan pembangunan SDM Kota Cantik Palangka Raya”, tutur Fairid.

Sementara itu, Rektor Universitas Muhammadiyah Palangka Raya Dr. H. Sonedi., M.Pd menjelaskan bahwa kerjasama ini dilatarbelakangi keinginan untuk memiliki laboratorium lapangan yang mendukung pendidikan dan kehutanan.

“Kerjasama ini dilatarbelakangi oleh keinginan kami untuk memiliki laboratorium lapangan yang mendukung pendidikan dan kehutanan, laboratorium ini juga diharapkan mampu menunjang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi”, jelas Sonedi.

“Kami juga siap  mendukung visi misi Pemerintah Kota Palangka Raya, salah satunya siap memberikan beasiswa kepada masyarakat yang kurang mampu untuk melanjutkan studi di Universitas Muhammadiyah Palangka Raya”, tambah Sonedi. (dyn)

BETANGVOICE.ID hadir sebagai wadah literasi millenial dengan berita dan informasi yang berbeda. Kami berupaya menjawab segala literasi masyarakat. BETANGVOICE.ID diterbitkan oleh PT. Media Opini Kalteng.

Advertisement

Trending