Connect with us

News

MUI Kota Palangka Raya Gelar Musda, Ri’ayatul Ummah dan Shodiqul Hukumah Jadi Pembahasan

Ada dua peran pokok Majelis Ulama, yakni sebagai Ri’ayatul Ummah atau menjaga ummat sekaligus Shodiqul Hukumah rekan kerja bagi pemerintah

Published

on

Palangka Raya, BETANGVOICE.ID – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palangka Raya menggelar Musyawarah Daerah ke-IX tahun 2019. Kegiatan bertema “Peningkatan Peran dan Fungsi MUI dalam Pembangunan Ummat” tersebut diadakan di Aula Utama Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Sabtu (28/12).

Musda MUI Kota Palangka Raya ini dibuka langsung oleh Walikota Palangka Raya Fairid Naparin, SE dan dihadiri oleh sejumlah Anggta DPRD Kota Palangka Raya, Bupati Barito Utara H. Nadalsyah, FKPD Kota Palangka Raya, Rektor UM Palangkaraya, Kepala Kemenag Kota, Ketua MUI Kalteng, Ketua PW NU Kalteng, Ketua Muhammadiyah Kota, Muslimat NU, Aisyiyah, dan sejumlah ormas Islam lainnya serta Pengurus Pondok Pesantren se Kota Palangka Raya.

Ketua Pelaksana, Amanto Surya Langka, Lc dalam sambutannya mengatakan bahwa ada dua peran pokok Majelis Ulama, yakni sebagai Ri’ayatul Ummah atau menjaga ummat sekaligus Shodiqul Hukumah rekan kerja bagi pemerintah ke depan bisa diwujudkan bersama-sama.

“Pertama saya ucapkan ahlan wa sahlan, dengan ke datangan bapak ibu hadirin sekalian, yang menambah semaraknya acara ini dan menambah dorongan semangat agar ke depan Majelis Ulama yang mempunyai dua peran pokok yakni sebagai Ri’ayatul Ummah atau menjaga ummat sekaligus Shodiqul Hukumah rekan kerja bagi pemerintah ke depan bisa terwujud,” kata Amanto.

Selain itu, Amanto juga menjelaskan bahwa ada dua titik tekan dalam Musda MUI kali ini, pertama membahas agenda-agenda penting dan kedua yakni pergantian pengurus atau memilih pengurus baru.

Di tempat yang sama, Ketua Mejelis Ulama Indonesia Kota Palangka Raya K.H Zainal Arifin dalam sambutannya berharap musda ini dapat meningkatkan fungsi dan peran MUI Kota Palangka Raya, sehingga keberadaanya lebih berakar ke bawah dan berpuncak ke atas, serta dapat lebih dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat terutama dalam mengisi pembangunan dibidang mental spiritual serta ketertiban dan ketentraman di tengah masyarakat.

Dengan kehadiran komponen ulama ini diharapkan dapat menciptakan pikiran-pikiran jernih dan cerdas untuk pembangunan umat di masa depan.

“Kami berharap pengurus MUI Kota Palangka Raya dapat menjadi mitra pembangunan ummat khususnya dengan pemerintah Kota Palangka Raya dan seluruh komponen masyarakat pada umumnya”, jelas beliau.

Sementara itu, Ketua MUI Kalteng K.H. Anwar Isa, Lc mengucapkan selamat atas Musda ke-IX MUI Kota Palangka Raya, harapannya MUI Kota Palangka Raya dapat merumuskan program-program serta menghasilkan keputusan-keputusan bermanfaat untuk ummat dan masyarakat Kota Palangka Raya khusus dan Kalimantan Tengah umumnya.

“Sesuai dengan tema Musda Majelis Ulama Indonesia Kota Palangka Raya hari ini, yaitu Peningkatan Peran dan Fungsi MUI dalam Pembangunan Ummat ke depan bisa wujudkan bersama-sama ”, jelas Anwar Isa. (dyn)

BETANGVOICE.ID hadir sebagai wadah literasi millenial dengan berita dan informasi yang berbeda. Kami berupaya menjawab segala literasi masyarakat. BETANGVOICE.ID diterbitkan oleh PT. Media Opini Kalteng.

Advertisement

Trending