Connect with us

Kolom

Nongkrong Bareng Suprayitno, Dosen Muda UPR

Suprayitno yang saat ini masih single, rupanya sudah merencanakan pernikahannya di bulan Juni 2020.

Published

on

Palangka Raya, BETANGVOICE.ID – Selamat bertemu kembali BVers. Kali ini redaksi Betang Voice ingin berbagai kisah tentang Suprayitno, S.A., M.AP. Pria kelahiran 1 Januari 1990, terkenal sibuk dan banyak sekali mengikuti kegiatan sosial di masyarakat.

Dalam penuturannya kepada Redaksi Betang Voice, aktivis sosial yang juga dosen muda di Universitas Palangka Raya (UPR ) ini mengaku kesibukannya yang padat tidak pernah mengganggu niatnya untuk terus melakukan pengabdian kepada masyarakat. Dosen muda pengajar di FISIPOL Universitas Palangka Raya ini juga aktif diberbagai komunitas.

Belakangan ini ia dan kawan-kawan muda gencar sekali melakukan kegiatan sosial bersama masyarakat Kelurahan Petuk Katimpun Kota Palangka Raya tentang sosialisasi Pola Hidup Sehat dan ajakan agar tidak melakukan Buang Air Besar (BAB) di sungai.

Suprayitno, kesehariannya juga suka bergaul dengan anak muda dikenal sebagai sosok yang suka nongkrong, hampir setiap tongkrongan di kota ini pernah ia kunjungi. Biasanya momen itu digunakan untuk diskusi, sharing, dan kadang sekedar melepas rindu dengan para sahabatnya.

Selain itu, banyak sekali program pemerintah yang pernah diikutinya bahkan juga kegiatan sosial dari komunitas, seperti Gerakan Mari Berbagi, dan sejumlah kegiatan seminar dalam dan luar negeri. Namun diantara sibuknya aktivitas tersebut, ia tak lupa juga selalu berolahraga dan menjaga stamina agar tetap bugar.

Suprayitno yang saat ini masih single, rupanya sudah merencanakan pernikahannya di bulan Juni 2020. Ketika ditanya apakah mendambakan wanita karir ataukah ibu rumah tangga? Jawabnnya simple.

“Inginnya sih istri yang berkarir, tapi juga mampu menata rumah tangga. Karena kewajiban menafkahi itu adalah kewajiban suami”, jelasnya.

“Ada banyak Mimpi di 2020 yang ingin saya capai, diantaranya melanjutkan studi ke jenjang doktoral dan membangun sebuah rumah hunian kelak. Sedangkan mimpi pada program pengabdian kepada masyarakat adalah tetap melanjutkan program dan kegiatan yang saya sebutkan tadi, karena bermanfaat untuk masyarakat tentunya”, kata Prayitno.

Ditanya tentang pesan dan kiat sukses kepada para kawula muda, jawabnya lagi-lagi sederhana. “Sering-sering aja bergaul dan merawat silaturahim”, tuturnya.

Di dunia organisasi, ia sudah banyak makan asam dan garam, bahkan pahit dan manisnya udah sering ia rasakan ketika menjadi aktivitas. Udah dari kuliah S1, diantaranya Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Palangka Raya, BEM Univesitas Palangka Raya, Rohis FE, PMI Unit UPR, BEM FISIP UPR, HIPMI PT Kalteng, ICMI Kalteng, dan masih banyak lagi.

Bicara soal pelatihan dan prestasi yang pernah ia ikuti dan raih, banyak banget. Kita tulis dan urutin satu-persatu sesuai tahun. Juara 1 Nasional Penulis Terbaik  Karya Tulis ”Dampak Otonomi Daerah di Kalimantan Tengah”  di Universitas  Indonesia Tahun 2010. Peserta Konferensi  Nasional Mahasiswa Ilmu  Administrasi Negara di Universitas Indonesia Tahun 2010. Peserta Pertemuan dan Seminar Menteri Perdagangan Se-Asean di Jakarta Tahun 2011. Peserta Konferensi Nasional Mahasiswa Ilmu  Administrasi Negara di Universitas  Indonesia Tahun 2011. Menerima Award Peserta Terbaik/Best Partisipant dalam Konferensi Nasional Mahasiswa Ilmu  Administrasi Negara di Universitas  Indonesia Tahun 2011. Juara 1 Mahasiswa Berprestasi  Se-FISIP Universitas Palangka Raya tahun 2012.

Juara III Mahasiswa Berprestasi Se-Universitas Palangka Raya tahun 2012. Mengikuti Kongres Kebudayaan Pemuda Indonesia (KKPI) di Jakarta tahun 2012. Menjadi Duta Relawan Kalteng Dalam Temu Karya Nasional  Relawan PMI  ke – V di Malang, Jawa Timur tahun 2013. Mengikuti Pelatihan Pemuda Tingkat Nasional Kemenpora RI di Mojokerto tahun  2013. Menjadi peserta Youth Leaders Forum Gerakan Mari Berbagi di Yogyakarta – Jakarta 2014. Tim Penyusun 15 Provinsi Untuk Directori CSR Mitra Kepemudaan Kemenpora RI di Indonesia Tahun 2014. Menjadi peserta Pelatihan Kreativitas Pemuda Tingkat Nasional Kemenpora RI di Jakarta Tahun 2015. Partisipant International Conference “4 th Interfaith Harmony and Tolerance di IIUM, Kuala Lumpur Malaysia Tahun 2015.

Partisipant Symposium PPI Dunia OISAA 2015 di Singapura Tahun 2015. Menjadi Duta Pemuda Kreatif Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Tahun 2016-2017.

Baca juga : Suprayitno, Wakili Kalteng Dikukuhkan Menpora Menjadi Duta Pemuda Kreatif Indonesia 2016

Menjadi Duta Anti Narkoba Kota Palangka Raya 2016-2017. Peserta Interfaith Youth Camp (IYC) 2018 di Ambon Maluku. Peserta TKRN Nasional di Kab.Purwakarta Jawa Barat Tahun 2018.

Tentu kisah perjalanan Suprayitno sudah bisa kita ambil inspirasi. Jangan ragu untuk terus mengggali potensi yang ada, untuk kemajuan masa mendatang. Selain itu, perbanyak aksi dan gerakan yang langsung bisa dirasakan masyarakat. Caranya yaa gabung di berbagai organisasi atau komunitas. Selain nongkrong dan diskusi, jalin terus silaturahim dengan teman dan sahabat. Waktu bisa habis, dan sangat cepat berlalu, tapi jangan sampai silaturahim tidak dijaga.

Kenapa silaturahim? Coba baca beberapa artikel berikut deh, biar lebih paham. Pertama, Perlu Silaturahim Lagi. Kedua, Pentingnya Silaturahim. Ketiga, Silaturahim ala Kakek Saya. (QA/dyn)

BETANGVOICE.ID hadir sebagai wadah literasi millenial dengan berita dan informasi yang berbeda. Kami berupaya menjawab segala literasi masyarakat. BETANGVOICE.ID diterbitkan oleh PT. Media Opini Kalteng.

Advertisement

Trending