Connect with us

Kolom

Kenalan dengan Kak Beta, Dosen Muda yang Multitalenta

Kak Beta yang juga pencinta warna ungu sekaligus penikmat buku tentang publick speaking ini adalah sosok yang menjadi salah satu inspirasi kami dalam memanajemen waktu.

Published

on

Ahhhh…Hari apa sih ini? Senin? Jam ?? What ???  Harus buru-buru nih ngantor. Kalo telat bisa berabe. Hehe. Eits? Syukurlah… Kenapa? Karena baru jam 5 pagi. Udara Subuh memang luar biasa, sejuknya meresap hingga kedada, menembus jantung dan relung hati. Hingga dinginnya membungkus hangatnya cerita tentangmu. Ahh..Terlalu sastra untuk aku yang eksak.hehe

Kenapa terbangun sepagi ini? Apakah mimpikan doi yang begitu indah? Atau mimpiin Indonesia kembali menjadi Macan Asia? Ahh..rasanya mimpi itu ketinggian untuk seukuran kami yang katanya millenial..hehehe

BVers…salah satu alasan yang bikin bangun ini beda, adalah karena ingin merampungkan hasil wawancara dan ngobrol santai  beberapa waktu dengan kakak yang satu ini, kakak hits di Kalimantan Tengah, wajah manisnya selalu menghiasi layar kaca TVRI Kalteng, juga menghiasi ruang kelas di Universitas Palangka Raya, pun juga menghiasi ruang hati pemuda di penjuru kota..hehe.

Semakin penasarankan dengan sosok anggun dan kharismatik ini? Siapa dia ? Yuk kita ngulik-ngulik BVers.

Berikut redaksi Betang Voice rangkum bincang hangat kami dengan Kak Beta, begitu biasa para sahabat dan kawan-kawannya memanggilnya. (Tapi gak tau deh panggilan khusus dari fansnya.hehe).

Hallo Kak Beta, sorry udah bikin nunggu ya (waktu itu beliau sambil menunggu hidangan yang disajikan di salah satu cafe kenamaan di Kota Cantik Palangka Raya, pikir kami dia pasti memesan makan yang Western Food, ternyata dia memilih Singkong Goreng dan Potongan Buah Segar. Sehat ya.

Halo juga kakak-kakak BV. (Singkatan untuk BetangVoice.ID)

Banyak yang nanya ke kami, siapa sih nama lengkap Kak Beta?

Oh iya..nama lengkapku Beta Centaury Februari Lahirni, aku kelahiran Palangka Raya 18 Februari 1993.

Kalo makanan favoritnya apa nih Kak?

Makanan Favorit aku, nasi goreng, Obama banget. (Jelasnya sambil tersenyum ringan dan betul BVers..Obama itu identiknya nasi goreng. Pulang kampung ni ye) hehe.

Kak Beta, kesibukannya apa sih belakangan ini?

Oh iya, aku sama Kak Cacan (nama panggilan temannya) bikin kelas Public Speaking di @publicspeaking.pky, yang mana itu sebagai tempat untuk melatih kecakapan berbahasa, seperti MC (Master of Ceremony), presentasi, dan lain-lain. Untuk sekarang masih fokus ke tiga itu aja.

Dari semua itu, apakah ada pembagian/ pemisahan kelasnya Kak?

Terdapat beberapa kelas, MC juga terbagi menjadi dua. Ada yang formal dan ada yang hiburan, selain itu ada presentasi, dan pidato.

Sejauh ini, peminat paling banyak ada di kelas mana Kak?

Untuk kelas dengan peminat terbanyak adalah pada kelas MC. (Kali ini Kak Beta sambil mengajak kami mencicipi potongan buah segar dan singkong goreng tadi).

Tangan kami pun segera meluncur melesat menuju potongan buah-buah segar itu.Tak lupa singkong gorengnya tak lepas dari jemari kami yang meliuk-meliuk diatasnya. Udah kayak balet. Hehe

Instagram kak beta, tongkrongin yaa aktifitasnya.

Sembari menikmati kudapan itu, suasana pun semakin mengalir dan lebih enjoy dan friendly banget. Kami pun melanjutkan pertanyaan.

Biasanya dalam 1 sesi berapa lama dan apa saja treatment (pembelajaran) kepada peserta?

Jadi, dalam satu sesi 2 jam. Lebih ke Publick Speaking (kemampuan berbicara di hadapan orang banyak), peserta dilatih gimana dalam memecahkan masalah berdasarkan studi kasus yang diberikan beserta teori penyelesaiannya.

Biasanya apa sih Kak masalah atau tantangan sebagai MC pemula?

Tantangan untuk menjadi MC pemula adalah gugup berbicara di hadapan umum, belum menguasai body language (bahasa tubuh).

Berapa banyak  peserta dalam tiap kelas ini Kak?

Peserta dalam setiap sesi adalah 10 orang.

Sejak kapan Kak Beta mulai menggeluti dunia MC? Bagi dong cerita awal mula Kak Beta berkarier?

Aku mulai menjadi MC dari tahun 2010. Awal pertama karir di TVRI Kalteng dalam membawakan berita. (Jawabnya singkat).

Kak Beta, sebagaimana kami tahu, kan selain MC, juga pembawa berita di media dan juga seorang dosen muda. Nah kalau disuruh milih antara 3 pekerjaan tadi, pilih yang mana nih? (Tim BV mulai iseng dengan menanyakan hal yang kayaknya bikin kalo jawab harus hati-hati. Tenang-tenang. Ini pertanyaan biasa, bukan di acara Mata Najwa.

Aku lebih memilih dosen, di antara MC dan pembawa berita. (Jawabannya aman tanpa harus menggugurkan 2 pekerjaan lain. Untung ini bukan pilihan ganda wajib pilih satu dan hilangkan yang lain. hehe)

Kak Beta bisa bagi tips enggak kepada BVers tentang manajemen waktu ala Kak Beta?

Aku dalam membagi waktu adalah mengutamakan apa yang lebih penting dulu, yaitu mengajar, jangan paksakan semua job diambil kalau tidak menyanggupinya. Perlakukan mereka (mahasiswa dan pemberi job) sebagai bos. (Imbuhnya sembari meneguk minumannya dengan perlahan).

Menurut Kak Beta yang juga seorang dosen nih, bagaimana sih cara mengajar yang baik itu?

Cara mengajar yang pas itu kasih contoh, jangan cuman ngomong doang. Kemaren kami bikin e-learning tanpa budget, tapi akhirnya didukung sama dekan. Awalnya niatnya sama temen-temen berlima.

Kak beta sekarang udah punya pasangan atau belum? Sorry ni nanya nya agak private kak?

Status (aku) masih sendiri. (Jawabnya sambil meneguk minumannya lagi).

Kriteria pendamping masa depannya gimana kak?

Kriteria terserah saja, yang penting cocok. Yang pasti agamanya. (Jawabnya sembari tersenyum manis).

Pertanyaan terakhir nih buat Kak Beta, yaitu pendapat Kak Beta tentang wanita karier, menganggapinya seperti apa?

Gak ada beban jadi wanita karir, kalo ngeliat teman kuliah enak tuh, datang kuliah pulang, tapi disisi lain, sambil kuliah sambil MC (baca: NgeMC), sambil bawa berita. Dari situ belajar koneksi netrworking kita. Dari kuliah sudah ada banyak temen. Dari situ ketagihan sambil kuliah sambil karier.

Oke kak Beta..Terima Kasih atas waktunya yang dihabiskan wawancara dengan redaksi Betang Voice. Tak terasa detak jarum jam membawa menuju malam yang semakin larut, kami lihat, smartphone Kak Beta beberapa kali berdering dan dengan sopan dia meminta ijin untuk mengangkat.

Kak Beta yang juga pencinta warna ungu sekaligus penikmat buku tentang publick speaking ini adalah sosok yang menjadi salah satu inspirasi kami dalam memanajemen waktu. Tetap disiplin dalam berbagai aktivitas. Salam sukses Kak Beta. (SV/QA/dyn)

BETANGVOICE.ID hadir sebagai wadah literasi millenial dengan berita dan informasi yang berbeda. Kami berupaya menjawab segala literasi masyarakat. BETANGVOICE.ID diterbitkan oleh PT. Media Opini Kalteng.

Advertisement

Trending