Connect with us

Edukasi

Siapkan Buletin Sekolah, SMA Negeri 1 Palangka Raya Gelar Pelatihan Jurnalistik

Menjadikan jurnalistik sebagai salah satu ekskul di SMA Negeri 1 Palangka Raya

Published

on

Palangka Raya, BETANGVOICE.ID – SMA Negeri 1 Palangka Raya menggelar Pelatihan Jurnalistik yang diikuti oleh 42 peserta, pada Selasa (28/01) di Ruang Rapat SMA setempat. Pelatihan ini sebagai salah satu cara untuk mencari dan mengasah bakat menulis siswa-siswi.

Peserta yang mengikuti tampak antusias dan merespon positif terhadap kegiatan ini. Mereka dibekali ilmu-ilmu dasar jurnalistik, kemudian juga praktek bagaimana cara membuat berita.

Febrianto Budiman selaku narasumber pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa pelatihan jurnalistik ini sebagai langkah awal untuk mempersiapkan tim buletin sekolah. Selain itu, kedepan jurnalistik akan menjadi salah satu ekskul yang bisa dipilih siswa-siswi.

“Pelatihan ini merupakan langkah awal mempersiapkan tim buletin sekolah, karena SMA Negeri 1 Palangka Raya berencana membuat buletin sekolah dan menjadikan jurnalistik sebagai salah satu ekskul”, jelasnya.

Tambahnya lagi, bahwa selama ini belum pernah diadakan pelatihan serupa untuk siswa-siswi. Pelatihan ini juga sekaligus sebagai pencarian bakat menulis yang potensial untuk menjadi pengurus buletin nantinya.

Selain itu, beragam komentar dari peserta yang mengikuti pelatihan sangat baik. Diantaranya dari Dimas Bekti Wibisono, siswa kelas X MIPA-4. Ia mengatakan bahwa pelatihan ini sangat bagus, siswa-siswi dituntut untuk bisa menyampaikan informasi kepada orang lain dengan cara seorang pelajar.

“Kita dituntut untuk bisa menyampaikan informasi kepada orang lain dengan cara kita sebagai seorang pelajar. Saya juga sangat senang dengan adanya kegiatan ini menjadi tahu bagaimana menulis berita yang baik dan benar”, jelas Dimas.

Komentar lain juga datang dari Raditya Dwi Sunu Prakoso, siswa kelas X MIPA-4 yang mewakili OSIS. Mengaku senang, sebab dirinya mendapatkan pengalaman baru, yaitu cara dan langkah-langkah dalam membuat berita.

“Senanglah bisa ikut, sebab saya mendapatkan pengalaman baru, yaitu bagaimana cara dan langkah-langkah dalam membuat berita”, jelasnya.

Di tempat terpisah, H. Arbusin Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Palangka Raya mengapresiasi narasumber yang tidak kalah semangat dengan peserta. Ia berharap, bimbingan kepada siswa-siswinya terus berlanjut.

“Untuk kegiatan yang dilaksanakan tadi  kita mengapresiasi kepada Pak Pebrianto Budiman, yang turun langsung ke sekolah untuk memberikan bimbingan, pelatihan kepada anak-anak kita. Dan saya sebagai kepala sekolah  tentu mengucapakan terima kasih banyak atas bimbingannya”, katanya kepada kontributor Betang Voice, Yumero yang juga sekaligus wartawan LPM Pena FISIP UPR, Selasa (28/01).

“Dan kita berharap tetap berlanjut nanti bimbingannya untuk siswa-siswi kita, sebab mereka hari ini benar-benar semangat mengikuti kegiatan tersebut, agar kedepan mereka bisa memahami dan mengerti apa itu seorang jurnalis”, tutupnya. (Yumero/dyn)

BETANGVOICE.ID hadir sebagai wadah literasi millenial dengan berita dan informasi yang berbeda. Kami berupaya menjawab segala literasi masyarakat. BETANGVOICE.ID diterbitkan oleh PT. Media Opini Kalteng.

Advertisement

Trending