Connect with us

News

Drs. Mukhtarudin: Bersatu dalam Perbedaan, Entry Point Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

Kita bisa bergandengan tangan dan bersatu dalam latar belakang berbeda, ini menjadi entry point dalam pertemuan ini.

Published

on

Kotawaringin Timur (Sampit), BETANGVOICE.ID – Drs. Mukhtarudin Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Kalimantan Tengah kembali melaksanakan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, pada bulan Februari 2020 lalu di Gedung Dharma Wanita, Kotawaringin Timur.

Kegiatan sosialisasi ini diikuti dari berbagai kalangan lintas organisasi, yakni Gabungan Organisasi Wanita (GOW), For Dayak, Sikat Narkoba, SAPMA PP, HIPMI, HIS, Muslimat NU, Bhayangkari, Pengajian Al Hidayah, DPK Peradah, LSM Lentera, AMPI dan AMPG. Selain itu, juga turut hadir sejumlah tokoh agama dan juga tokoh pemuda.

Drs. Mukhtarudin, yang saat ini duduk di Komisi VI menitikberatkan pada pentingnya pengamalan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam wawasan Empat Pilar Kebangsaan, yakni Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara, Undang-Undang Dasar 1945 sebagai Konstitusi Negara serta Ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Bentuk Negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara.

“Sangat perlu menjadi perhatian kita bersama, bahwa salah satu tujuan adanya sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ini adalah untuk memantapkan pengamalan kita terhadap nilai-nilai luhur Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari”, terangnya mengawali paparan.

“Dan saya rasa, nilai-nilai itu sudah kita terapkan hari ini dengan baik. Buktinya, dengan kebersamaan kita hari ini bersama komitmen memantapkan wawasan kebangsaan kita. Kita bisa bergandengan tangan dan bersatu dalam latar belakang berbeda, ini menjadi entry point dalam pertemuan ini”, terang Mukhtarudin.

Mukhtarudin juga memaparkan bagaimana kompleksnya tantangan kebangsaan saat ini. Seperti pengaruh globalisasi kehidupan yang semakin meluas dan makin kuatnya intervensi-intervensi kekuatan global dalam perumusan kebijakan nasional.

Oleh karenanya, menurut Mukhtarudin kenapa sosialisasi ini menjadi penting agar wawasan kebangsaan kita semakin mantap dan semakin kokoh.

Selain itu, menurut Mukhtarudin sosialisasi ini juga bertujuan untuk memfilter pengaruh-pengaruh dari luar, termasuk ideologi-ideologi yang menyimpang dari Pancasila. Sehingga diharapkan peran semua lini masyarakat untuk saling mengingatkan dan mensosialisasikan kembali bagaimana seharusnya empat pilar kebangsaan ini diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Sosialisasi dan pengamalan nilai-nilai luhur wawasan kebangsaan ini, semua bisa dimulai dari lingkup keluarga, kemudian tetangga, selanjutnya kelompok-kelompok pengajian, komunitas, organisasi, sampai hal yang lebih luas yaitu bangsa ini”, ungkap Mukhtarudin dalam paparannya.

Kedepan, kata Mukhtarudin kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ini akan menjadi agenda rutinnya selama menjabat sebagai anggota DPR-RI yang akan banyak melibatkan Organisasi Masyarakat. (dyn)

BETANGVOICE.ID hadir sebagai wadah literasi millenial dengan berita dan informasi yang berbeda. Kami berupaya menjawab segala literasi masyarakat. BETANGVOICE.ID diterbitkan oleh PT. Media Opini Kalteng.

Advertisement

Trending