Connect with us

Komunitas

Bentuk Perwujudan Kader Humanis, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah UM Palangka Raya Berbagi Takjil

Aksi berbagi takjil ini Insya Allah akan berlanjut setiap hari Jum’at selama bulan Ramadan 1441 H sebagai wujud aksi sosial IMM.

Published

on

Foto bersama Kader PIKOM IMM UM Palangka Raya sebelum melaksanakan pembagian takjil kepada masyarakat, Jum’at (08/05/2020). Ernawati (BETANGVOICE.ID).

Palangka Raya, BETANGVOICE.ID – Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PIKOM IMM) Fakultas Ilmu Sosisal dan Ilmu Politik, PIKOM IMM Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan PIKOM IMM Djazman Al-Kindi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya rutin berbagi takjil untuk berbuka puasa setiap hari Jum’at selama bulan Ramadhan 1441 H.

Sebelumnya, pada Jum’at (01/05) telah membagikan sebanyak 100 takjil kepada masyarakat Kota Palangka Raya yang melintas di jalan Yos Sudarso. Kemudian pada Jum’at (08/05) juga berbagi 100 takjil sekitaran jalan RTA. Milono KM. 1,5 depan Kampus Universitas Muhammadiyah Palangka Raya.

Baca juga : Kader PIKOM IMM Universitas Muhammadiyah Palangkaraya Buka Donasi Takjil

Lisa Ramadana selaku koordinator kegiatan ini mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud dari pemaknaan tentang arah geraknya Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah itu sendiri, melakukan kegiatan sosial kemasyarakat juga merupakan pengimplementasian dari tri kompetensi dasar IMM yaitu Humanitas.

“Kita berupaya berbagi kepada sesama, karena dalam organisasi kita di edukasi untuk menjadi kader yang humanis, kita coba wujudkan, walaupun dalam kegiatan yang skala kecil”, jelas Lisa.

“Aksi berbagi takjil ini Insya Allah akan berlanjut setiap hari Jum’at selama bulan Ramadan 1441 H sebagai wujud aksi sosial IMM”, tambahnya.

Ketika berbagi tidak sedikit masyarakat yang berbuka dalam perjalanan. Azmi misalnya mendapati salah satu pengendara motor yang berterima kasih karena mendapatkan pembagian takjil, sehingga bisa menyegerakan berbuka puasa walaupun dalam perjalanan.

“Sempat tadi ngobrol dengan salah satu pengendara motor, beliau mengucapkan terima kasih telah membantu masyarakat yang sedang dalam perjalanan, sehingga bisa berbuka puasa tepat waktu sebelum sampai tujuan”, ujar Azmi yang ikut serta membagikan takjil sore itu.

Dalam hal ini, orang yang sedang berpuasa memang dianjurkan untuk menyegerakan berbuka puasa jika waktunya telah tiba, sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW diriwayati oleh Bukhari dan Muslim, “Senantiasa manusia di dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka”.

Kader IMM saat membagikan takjil kepada pengendara motor yang melintas di jalan RTA. MIlono KM. 1,5 (Depan Kampus UM Palangka Raya).

Bentuk perwujudan kader humanis dengan kegiatan seperti ini, diharapkan Ernawati Ketua Bidang Immawati PIKOM IMM FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya bisa saling berbagi dengan sesama, karena dampak pandemi COVID-19 ini bukan menjadi alasan untuk berhenti berbagi.

“Alhamdulillah aksi berbagi takjil ini dihimpun dari berbagai donatur dan kas organisasi. Semoga tahun ini bisa memberikan keberkahan untuk semua dan wabah pandemi COVID-19 ini cepat berlalu dan kita bisa beraktivitas seperti biasa”, ucap Erna.

Sebagai bentuk dukungan PIKOM IMM Universitas Muhammadiyah Palangkaraya membuka donasi untuk berbagi takjil. Bagi yang ingin berdonasi bisa melalui akun Instagram @pikom_imm_umpalangkaraya atau melalui Whattaps 0895 0799 9526. (dyn)

BETANGVOICE.ID hadir sebagai wadah literasi millenial dengan berita dan informasi yang berbeda. Kami berupaya menjawab segala literasi masyarakat. BETANGVOICE.ID diterbitkan oleh PT. Media Opini Kalteng.

Advertisement

Trending