Connect with us

News

Rangkaian Milad ke-89, Nasyiatul ‘Aisyiyah Kalteng Berbagi Kepada Kelompok Lansia, Ibu Hamil, Anak-anak dan Mahasiswa

“Dengan bentuk kepedulian ini, Nasyiatul ‘Aisyiyah mengajak semua pihak untuk saling menguatkan, saling membantu dan mendukung segala upaya untuk menanggulangi krisis saat ini”, ujar Nurul Komariah, S.Si, M.Kes selaku Ketua PWNA Kalteng.

Published

on

Palangka Raya, BETANGVOICE.ID – Pimpinan Wilayah Nasyiatul ‘Aisyiyah Kalimantan Tengah (NA Kalteng) sebagai salah satu organisasi otonom Muhammadiyah atau putri Muhammadiyah terus bergerak menunjukkan kepeduliannya.

“PWNA Berbagi” begitu tagline yang mereka usung dalam rangka gerakan sosial masa pandemi COVID-19 ini, sekaligus menjadi program dalam memperingati milad Nasyiatul ‘Aisyiyah ke-89 yang jatuh pada tanggal 16 Mei 2020 mendatang.

Pada masa pandemi ini ada banyak kalangan yang terdampak, NA Kalteng sendiri menargetkan beberapa kelompok dalam aksinya, seperti kelompok Lansia, Ibu hamil dan anak-anak. Selain itu, program berbagi takjil juga dilakukan, setiap hari sebanyak 30 paket, dengan target untuk mahasiswa rantau yang tertahan tidak bisa pulang kampung.

Foto : Pengurus Pimpinan Wilayah Nasyiatul ‘Aisyiyah Kalteng.

Program berbagi takjil dimulai pada Sabtu (09/05) hingga sampai pada akhir bulan Ramadhan nanti. “Tidak banyak, hanya 30 paket takjil setiap harinya yang kami bagi, dengan niat berbagi kepada kawan-kawan mahasiswa rantau yang masih bertahan di Kota Palangka Raya”, jelas Maya Nurhalifah, selaku Bendahara PWNA Kalteng.

Pantauan redaksi Betang Voice, pada Minggu (10/05) beberapa mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palangka Raya dan mahasiswa dari kampus lainnya mengambil paket takjil yang disediakan NA Kalteng di stand khusus jalan RTA. Milono KM. 1,5 Komplek Perguruan Muhammadiyah Palangka Raya.

Muhammad Irfani misalnya, sangat berterima kasih atas takjil yang didapatnya. “Terima kasih kepada PWNA atas takjilnya, karena di masa pandemi COVID-19 ini berbeda dengan Ramadhan semestinya, ada buka puasa bersama di masjid-masjid, tapi sekarang tidak ada. Jadi, terima kasih kepada PWNA Kalteng”, ungkapnya.

Kemudian rangkaian gerakan selanjutnya, yaitu pada Senin (11/05) NA Kalteng berbagi kepada Lansia. Lansia juga salah satu yang termasuk kelompok rentan terhadap penularan COVID-19.

Foto : Penyerahan bantuan kepada Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Sinta Rangkang, jalan Pariwisata No. 174 Banturung, Kota Palangka Raya.

“Sehingga mereka perlu dijaga, agar tidak tertular penyakit dari orang-orang di sekitarnya. Mereka juga perlu diperhatikan kondisi kesehatan dan nutrisinya sehingga melalui program Nasyiatul Aisyiyah berbagi memberikan bantuan sembako dan nutrisi”, jelasnya Nurul Komariah, S.Si, M.Kes selaku Ketua PWNA Kalteng.

Serangkaian dengan itu juga, kepada ibu hamil juga dilakukan pembagian sembako dan sebagai tambahan adalah susu bagi ibu hamil untuk meningkatkan asupan nutrisinya. Karena Ibu Hamil sedang mengandung calon bayi yang perlu nutrisi optimal untuk tumbuh kembangnya.

Foto : Penyerahan paket sembako dan nutrisi kepada Ibu Hamil, Ibu Rahmawati (kiri) dan Ibu Fitria (kanan).

Ibu Fitria yang sedang hamil usia 5 bulan anak ke-3, mengucapkan terima kasih kepada NA Kalteng atas bantuan yang diberikan. “Terima kasih kepada NA Kalteng dan mohon sampaikan salam saya kepada pengurus lainnya”, ujarnya, saat menerima bantuan dikediamannya jalan Lumba-lumba Kota Palangka Raya.

Selain itu, Ibu Rahmawati yang sedang hamil 9 bulan juga mengucapkan hal yang sama saat menerima paket bantuan di kediamannya jalan Sulawesi Gang Nusantara.

Kemudian dilakukan juga pembagian paket kebersihan bagi anak-anak berupa alat-alat kebersihan diri agar sedari kecil anak-anak menyadari pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat.

“Dengan bentuk kepedulian ini, Nasyiatul ‘Aisyiyah mengajak semua pihak untuk saling menguatkan, saling membantu dan mendukung segala upaya untuk menanggulangi krisis saat ini. Semoga bentuk kepedulian ini membangkitkan semangat juang semua pihak untuk bersama-sama dengan segala sumber daya dan potensi yang dimiliki untuk melawan pandemi agar dapat segera berakhir”, ujar Nurul Komariah yang saat ini juga terlibat dalam gugus tugas COVID-19 Kota Palangka Raya.

Harapan lainnya disampaikan oleh Anis Meutia selaku Ketua Bidang Komimnas PWNA sekaligus Fasilitator Masyarakat Tangguh Bencana MDMC Kalimantan Tengah. Ia berharap kegiatan ini banyak memberi manfaat baik untuk organisasi maupun untuk masyarakat.

“Harapan nya, semoga kegiatan ini bisa memberikan banyak manfaat kepada NA Kalteng dan juga masyarakat. Bisa menjadi ladang amal dan pastinya jadi aksi nyata bentuk kepedulian NA kepada sesama dan mengajak orang-orang untuk lebih peduli dan peka dengan sekitarnya”, ujar Anis Meutia, yang juga aktif terlibat dalam gugus tugas COVID-19 Kota Palangka Raya. (na/dyn)

Selamat Milad ke-89 Nasyiatul ‘Aisyiyah.
Perempuan Bergerak Menguatkan Bangsa.
16 Mei 1931 – 16 Mei 2020.


Redaksi Betang Voice.

BETANGVOICE.ID hadir sebagai wadah literasi millenial dengan berita dan informasi yang berbeda. Kami berupaya menjawab segala literasi masyarakat. BETANGVOICE.ID diterbitkan oleh PT. Media Opini Kalteng.

Advertisement

Trending