Connect with us

News

Juli 2021, MUI Kalteng Akan Gelar Webinar Moderasi Beragama Kerjasama dengan FUAD IAIN Palangka Raya

Konsep moderasi beragama yang diusung oleh MUI Kalteng mengacu pada konsep yang digagas oleh Kementerian Agama, dikombinasikan dengan kearifan lokal. Konsep ini bukan hanya bertujuan merubah pola pikir dan perilakku, tapi juga paradigma berfikir kepada semua pihak di Kalteng, sehingga kita dapat merawat keragaman yang ada

Published

on

Rapat rutin internal MUI Prov. Kalteng secara virtual pada Sabtu (12/06/2021).

Palangka Raya, BETANGVOICE.ID – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kalimantan Tengah akan gelar Webinar Moderasi Beragama kerjasama dengan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Palangka Raya.

“Tadi sudah dibahas bersama dengan pihak FUAD IAIN  Palangka Raya, bahwa direncakan kegiatan ini akan dilaksanakan di minggu kedua bulan Juli 2021 nanti”, kata Dr. H. Bulkani, M.Pd Sekretaris Umum MUI Kalteng usai laksanakan rapat rutin internal secara virtual pada Sabtu (12/06).

Webinar Moderasi Beragama ini penting untuk dilakukan didasarkan fakta bahwa masyarakat Kalimantan Tengah sangat majemuk dengan berbagai macam suku, bahasa, budaya dan agama. Program MUI untuk mengarusutamakan moderasi beragama diharapkan memiliki dampak postif dalam merawat keragaman tersebut.

“Konsep moderasi beragama yang diusung oleh MUI Kalteng mengacu pada konsep yang digagas oleh Kementerian Agama, dikombinasikan dengan kearifan lokal.  Konsep ini bukan hanya bertujuan merubah pola pikir dan perilakku, tapi juga paradigma berfikir kepada semua pihak di Kalteng, sehingga kita dapat merawat keragaman yang ada”, jelas Bulkani.

Adapun dari MUI Kalteng bidang atau komisi yang mempunyai program yang sejalan  tentang moderasi beragama yaitu komisi Ukhuwah Islamiyah dan Kerukunan antar Umat Beragama.

Sementara itu, ketua umum MUI Kalteng, Dr. K.H Khairil Anwar,M.Ag menyatakan bahwa penanaman moderasi beragama merupakan program MUI yang harus didukung oleh semua pihak.

“MUI berfungsi sebagai himayatul ummah, himayatul dien, dan hinayatul hukumah. Agar semua itu dapat berjalan dengan baik, maka pemahaman dan perilaku beragama yang moderat. Untuk itu MUI bersama komisi yang membidangi, akan konsen unttuk melaksanakan progran moderasi beragama,” kata Khairil Anwar. (dyn)

BETANGVOICE.ID hadir sebagai wadah literasi millenial dengan berita dan informasi yang berbeda. Kami berupaya menjawab segala literasi masyarakat. BETANGVOICE.ID diterbitkan oleh PT. Media Opini Kalteng.

Advertisement

Trending